Uncategorized

Dongeng : Peri Danau Wildsee 

Pada suatu ketika, ada seorang penggembala yang menggembalakan biri birinya di bukit. Bukit yang hijau dengan banyak pepohonan dan rumput yang segar bagi biri birinya. Saat mendekat ke arah danau di bukit itu, penggembala mendengar petikan suara harpa yang sangat indah. Penggembala itu tertarik akan merdunya petikan suara harpa. Ia meninggalkan ternaknya lalu mendekat ke arah danau, danau itu disebut danau Wildsee. 

Semakin dekat dengan danau, ia mencium wangi bunga mawar yang sangat harum. Dari kejauhan penggembala melihat seorang peri yang sangat cantik dan anggun sedang memainkan harpanya dengan penuh kelembutan. Namun saat peri menyadari kehadiran penggembala, ia terkejut dan berhenti memainkan harpanya. Peri mengingatkan kepada penggembala itu, “Perkenalkan, aku adalah Mellfee, seorang peri pemain harpa. Tetapi berhati hatilah, danau ini akan menelanmu jika kau memanggil namaku.” 

Sejak pertemuan itu, penggembala selalu memikirkan dan merindukan sang peri, ia jatuh hati pada peri di danau Wildsee. Penggembala itu berharap dapat menjumpai peri kembali. Di suatu sore, ketika penggembala dalam perjalanan pulang setelah menggembalakan ternaknya, ia bertemu dengan kakek tua yang bijaksana. Kakek tua itu memahami keadaan penggembala dan berkata, “Pergilah menjauh darinya, nak… Kau akan aman dengan melupakan peri itu.”

Tetapi kerinduan penggembala itu semakin mendalam, ia sangat ingin bertemu dengan peri Mellfee. Akhirnya penggembala pergi ke danau, dengan penuh harap ia mencari peri cantik itu namun tidak ditemukannya. Dalam keputusasaan penggembala tanpa sadar memanggil, “Mellfee, Mellfee, dimana engkau?” Tiba tiba setangkai mawar merah yang merekah indah, muncul di tengah tengah danau. Penggembala berusaha meraih mawar itu namun ia tergelincir dan jatuh tenggelam, danau Wildsee menelan penggembala yang malang itu.

Pesan Dongeng : Ingat dan lakukanlah nasehat baik yang diberikan oleh orangtua ataupun seorang dewasa yang telah memiliki banyak pengalaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s